Sharing pengalaman CPNS kemenag 2014 jalur umum Part 2

oke, lanjut cerita sebelumnya tentang pengalaman ikut ujian CPNS. Proses ujiannya bikin deg-degan. Suasana yang ga pernah saya alami. orang-orangnya pada serius (ya iyalah). Doa saya waktu itu cuma semoga hasilnya tidak mengecewakan orang-orang terdekat saya. Ujian menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).
Tes model ini ga gampang, semua soal ada di layar komputer kita tinggal klik-klik jawaban. Untuk yang belum familiar memang sedikit ribet. Tapi banyak ko contohnya di internet. tinggal download aja, terus belajar dari situ. Soalnya dibagi 3 kategori, Tes kepribadian, Tes Intelegensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan. tes kepribadian ga susah, isinya tergantung kepribadian kita, tes intelegensi umum sedikit sulit, apalagi matematika, saya udah jarang main-main sama matematika. meskipun matematikanya lebih banyak tentang logika. Tes Wawasan Kebangsaan adalah tes yang bikin banyak peserta gagal. Jangan anggap remeh pelajaran kewarganegaraan, karena ternyata banyak soal yang materinya kita pelajari saat sekolah. Keseluruhan waktu tesnya 100 menit, selesai atau belum layar langsung close saat waktu habis. nah disini deg2annya berasa banget, karena nilai langsung muncul. Di ruangan, banyak suara “yaaahhhh….” hihi… suara apa coba? suara kekecewaan karena nilai ga lolos PG. pokonya setelah beres tes, nunggu sekitar 15 menit, nilai seluruh peserta muncul di papan pengumuman. selanjutnya, saya nunggu kabar, karena ada beberapa hari tes, jadi nilai di rangking dari yang paling tinggi mulai dari hari pertama sampai terakhir.

Tipsnya buat yang mau ikutan tes CPNS, itung2 nguji keberuntungan, he. jangan takut keluar dari zona nyaman… pilih formasi jangan buru-buru. itu aja sih, good luck… 🙂 

Advertisements

10 thoughts on “Sharing pengalaman CPNS kemenag 2014 jalur umum Part 2

  1. Assalamualaikum mba, saya berencana mengikuti tes CPNS kemenag formasi guru Madrasah tahun ini,apakah ada soal atau wawancara mengenai fiqih dan segala macam? saya kawatir karena pengetahuan saya sangat minim tentang itu. terimakasih.

    1. Waalaikum salam mba anna, berdasarkan pengalaman saya, waktu itu tidak ada soal mengenai yang mba sebutkan, tapi saya tidak tahu pasti ya mba untuk formasi guru. Mungkin untuk tes kompetensi dasar, akan sama seperti tes saya dulu.

    1. Klo formasi yang saya lamar,ga ada Tes kompetensi bidangnya, jadi selesai di TKD. Waktu bareng saya, formasi auditor ada TKB nya, tapi wawancara aja mba…

    1. Klo TKB itu masing2 unit kerja yg mengadakan,jadi saya ga tau klo di unit lain…tapi klo d tempat saya dulu itu, TKB nya wawancara dan ada baca quran nya…

    1. Duh, maaf boleh dibaca full dulu ya sharing saya tentang tes cpns ini… 🙂 formasi yg saya daftar tidak menggunakan Tes kompetensi bidang, jadi selesai di TKD saja, langsung rangking nilai. Saya dpt info tes TKB wawancara itu dari teman saya yg dftar formasi lain, tapi maaf saya ga tau konten wawancaranya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s